Tag: manfaat merawat tas rajut

Tips and Trik Seputar Koleksi Barang Rajut

 

Tips Merawat Koleksi Barang Rajut

Aku punya beberapa koleksi tas rajut, dompet, rajut, sepatu rajut, hingga aksesoris rajut. Untuk temen-temen yang punya koleksi seperti aku atau hanya punya satu atau dua barang dari rajut sebaiknya tetep melakukan perawatan ya. Karena secara tas misalnya untuk menunjang fashion kita juga perlu dirawat agar selalu tetap terlihat baru. Oke buat kalian yang masih bingung gimana ngerawatnya aku punya beberapa tips nih. So, read this ya gyus.

Langsung aja ya berikut cara merawat tas rajut agar tetap awet. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merawat koleksi-koleksi tas maupun dompet rajut kita.

Membersihkan Tas Rajut
1. Kita menggunakan detergen untuk mencuci. Sebaiknya adalah “soft detergen”/pelembut (softener) yang tidak mengandung bahan pemutih agar warna dan tekstur yang ada pada rajutan akan        lebih terjaga.
2. Bahan rajut pantang disikat!ika terdapat noda membandel cukup sikat dengan sikat gigi dengan bulu yang lembut.
3. Pakailah cara mencuci dengan tangan, hal ini untuk menghindari rajutan berbulu dan friksi benang tertarik-tarik dikarenakan putaran mesin cuci yang cepat.
4. Setelah rajutan direndam dengan soft detergen beberapa saat, kemudian dikucek dengan perlahan.

Mengeringkan Tas Rajut
1. Cara pemerasan tas rajut dengan meremas lembut untuk mengeluarkan sebanyak mungkin air. Lebih aman pemerasan dilakukan dengan tangan saja, Untuk pemerasan memang membutuhkan tenaga yang lebih.
2. Cara mengeringkan tas rajut yang telah dicuci cukup dengan diangin-anginkan dan jemur di tempat yang teduh agar warna tidak mudah berubah. Kemudian kalian harus menghindari menjemur tas rajut yang basah ini langsung dengan sinar matahari.
3. Tidak menggantung atau menjepit bahan rajutan ketika masih basah dan banyak mengandung air karena pada saat kering ia akan berubah bentuk atau bisa saya sebut melar.
4. Jangan menyeterika bahan rajutan karena warnanya akan berubah. Selain itu dengan menyetrika bukan solusi untuk mengeringkan.

Catatan:

1. Jangan terlalu sering mencuci koleksi baramg rajut kita gyus. Terlalu sering mencuci koleksi barang rajut bisa
merubah tekstur rajutannya.Soalnya saya dulu pernah mencuci tas dan akhirnya jadi bad banget gyus. Jangan
lakukan itu please.
2. Simpan bersama kapur barus. Biar apa? Ya biar awet aja sih juga melindungi dari hewan-hewan nakal. Hehe.

Manfaat dari kita mengetahui cara merawat koleksi barang tas rajut adalah untuk menjaga kualitasnya agar tidak cepat rusak. Sayang banget kan kalau kita punya banyak koleksi tapi kita gak bisa ngerawat jadi percuma aja gitu kotor. Kemudia jika kita punya banyak koleksi yang terawat jika kita bosen dapat menjualnya lagi dengan harga jual yang tinggi karena keunikannya dan kebersihannya. Jadi nih jangan males untuk merawatnya ya dear. Sekian tips dari aku kali ini kita berjumpa di artikel-artikel selanjutnya ya.